Minggu, 21 September 2008

BPKP Tangani Sistem Akuntansi USU

Minggu, 21 September 2008
Buruknya sistem akuntansi di Universitas Sumatera Utara membuat Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan melakukan supervisi atas sistem pelaporan keuangan di universitas tersebut.
Supervisi ini juga terkait temuan potensi kerugian negara dari hasil audit investigatif Badan Pengawas Keuangn dan Pembangunan terhadap penerimaan negara bukan pajak di Universitas Sumatera Utara.
Menurut Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) Sudjono, lembaganya terpaksa mengambil alih penanganan sistem akuntansi di Universitas Sumatera Utara (USU) setelah melihat buruknya pelaporan keuangan oleh tenaga internal USU. " Lebih-lebih setelah dalam audit investigasi BPKP terhadap PNBP USU, banyak sekali ditemukan pelanggaran ketentuan pelaporan keuangan," ujar Sudjono yang ditemui Kompas pada acara buka puasa bersama Menteri Koperasi dan UKM Suryadarma Ali di Medan, Sabtu (20/9).
Sudjono mengungkapkan, sebelum dirinya menjabat Kepala BPKP Wilayah Sumut, sebenarnya sudah ada memorandum of understanding antar a BPKP dengan USU terkait pembenahan sistem pelaporan keuangan di USU. Namun Sudjono mengaku tak tahu, mengapa dalam audit investigasi terhadap PNBP USU selama 2001-2005 ditemukan banyak sekali pelanggaran.


sumber : www.kompas.com

Tidak ada komentar: